cara belajar AFTER EFFECT

cara belajar AFTER EFFECT


Saya mengenal adobe After Effect baru beberapa bulan yang lalu, dari sebuah buku yang mengulas tentang video editing. Memang nama after effect sudah saya dengar sebelumnya dari guru multimedia saya di sekolah. Tapi, saya kurang tertarik, kirain fungsinya sama saja dengan adobe premiere, powerdirector dan kawan-kawannya gitu.

Ternyata setelah baca sana-sini dan googling di internet, saya baru tahu kalau after effect bukan sekedar untuk mengedit video, tapi lebih kepada pemberian efek visual dan animasi pada video.



Biasanya, after effect ini digunakan untuk pembuatan iklan, intro film, dan pemberian efek pada video berdurasi pendek. Kita bisa lihat, di youtube banyak sekali video-video yang menggunakanafter effect. Dan hasilnya sangat luar biasa, anda bisa membuat simulasi pada video seperti halnya film-film hollywood. Misalnya membuat kamehameha kaya dragon ballz, membuat efek peperangan berdarah yg real, intro film yang menakjubkan, dan lain-lain, dan lain-lain...


Kalau agan gak mau ketinggalan zaman dalam urusan animasi, saya sarankan untuk mulai mempelajari dan mencoba after effect dari sekarang. Kenapa? Ya, seperti saya sebutkan diatas, diyoutube saja sudah banyak animator-animator dunia memilih after effect untuk program pengeditannya. Ini membuktikan bahwa adobe after effect sangat populer dikalangan animator.

Selain itu fasilitas di adobe after effect sangat banyak. Mulai dari pengaturan pergerakan, pencahayaan, kamera, objek 3d dan didukung oleh plugin yang sangat banyak. Untuk memulainya, agan bisa meluangkan waktu beberapa jam untuk mengenal tool-tool dan area kerja adobe after effect. Setelah itu, cobalah untuk mendalaminya dengan melihat tutorial tentang pembuatan berbagai animasi agar lebih memahami fungsi-fungsi lainnya. Tutorialnya bisa anda lihat di youtube atau jika ingin yang lebih bagus bisa anda lihat di video copilot. Jika sudah handal, dengan kreatifitas anda bisa membuat karya yang mengagumkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan uang!

Untuk tutorial dasar, silahkan klik tutorial dibawah:

Animasi Dasar After Effect


Di tutorial ini, kita akan belajar membuat animasi sederhana yang di pakai kan ke teks. Kasusnya sederhana, yaitu membuat teks muncul dengan animasi berputar dan membesar. Disini juga akan dibahas tentang keyframe dan penjelasan dari tool-tool yang dipakai.







Membuat Intro Film dengan After Effect 


 Di tutorial ini, kita akan membuat sebuah intro sederhana lengkap dengan animasinya. kita akan membuat sebuah teks bergerak seperti menghantam tembok yang menggetarkan kamera. disini akan dibahas cara membuat animasi lebih hidup dengan menambahkan Motion Blur, cara mengontrol gerakan kamera menggunakan Null, dan membuat Teks terlihat 3D.





Membuat Animasi Judul dengan After Effect Bag. 1


Di tutorial ini, kita akan membuat animasi teks yang lebih rumitdimana semua layer akan bergerak dalam mode 3D. disini akan dibahas tentang Composition, cara menggunakan Parrent sehingga objek-objek saling mempengaruhi, dan juga membuat objek dalam mode 3D.









Membuat Animasi Judul dengan After Effect Bag. 2


Setelah pada bagian 1 kita mengatur layer, di bagian 2 ini, tutorial akan lebih fokus ke animasi. Disini akan membahas bagaimana membuat animasi dalam berbagai sudut pandang, dan juga cara menggerakan beberapa objek dengan satu kontrol layer saja.









Dasar Motion Graphic

  
Di tutorial ini, kita akan membuat beberapa variasi gerakan pada sebuah teks untuk membuatnya tampak menarik.











Membuat Foto Flash


 Disini, kita akan membuat efek sederhana seperti kilatan kamera foto lengkap dengan animasi fokus dan kilatan cahaya. Hasilnya cukup keren, cocok untuk membuat presentasi Fotografi.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda