cara belajar RPL

cara belajar RPL

DASAR - DASAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK

1. Pemahaman Dasar Rekayasa Perangkat Lunak

a. Pengertian Perangkat Lunak

Program komputer dan dokumentasi yang berkaitan seperti dokumen kebutuhan, rancangan, dan user manual.
Produk perangkat lunak bisa dibangun untuk pengguna khusus atau umum:
* Generic – dibangun untuk dijual ke pengguna yang berbeda-beda misalnya perangkat lunak untuk PC seperti Excel atau Word.
* Bespoke (custom) – untuk pengguna khusus/pemesan sesuai kebutuhannya.
Perangkat lunak baru bisa dibuat dengan membangun program baru, konfigurasi sistem perangkat lunak atau gunakan lagi (reuse) program yang sudah ada.

b. Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
Disiplin ilmu rekayasa atau teknik yang berkaitan dengan semua aspek dalam membuat perangkat lunak.
Rekayasa perangkat lunak harus mengikuti pendekatan yang sistematis dan teratur dan menggunakan alat dan teknik yang cocok sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan, batasan pembangunan dan sumber yang tersedia.

c. Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak dan Ilmu Komputer
Ilmu komputer berkaitan dengan teori dan konsep-konsep dasar sedangkan Rekayasa Perangkat Lunak berkaitan dengan praktek pembangunan perangkat lunak.
Teori ilmu komputer lebih kurang sebagai penyangga rekayasa perangkat lunak.

d. Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak dan Rekayasa Sistem
Rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa perangkat lunak dan proses, sedangkan Rekayasa Perangkat Lunak adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan perangkat lunak, infrasktruktur , kontrol, aplikasi dan database pada sistem.
Para ahli sistem (system engineers) terlibat dalam spesifikasi sistem, desain  arsitektural, integrasi dan peluncurannya.

f. Pengertian Software Process
* Serangkaian aktifitas yang tujuannya adalah pembangunan atau evolusi perangkat lunak
* Aktifitas umum dalam semua proses perangkat lunak :
* Spesifikasi – apa yang dilakukan sistem dan batas pembangunan
* Pembangunan- produksi dari sistem perangkat lunak
* Validasi – pemeriksaan apakah perangkat lunak sesuai dengan permintaan pemesan
* Evolusi – mengubah perangkat lunak untuk menyesuaikan perubahan permintaan.

2. Tahap-Tahap Dalam Pembuatan Perangkat Lunak

Fase Analisa kelayakan dan eksplorasi konsep.  Mengidentifikasi kebutuhan untuk melakukan otomatisasi proses dan menganalisa kelayakan proyek.
Fase spesifikasi persyaratan.  Menganalisa dan mendokumentasikan persyaratan sistem.  Dokumentasi persyaratan secara jelas harus menyebutkan apa yang akan dilakukan oleh sistem yang diproyeksikan, unsur apa yang akan diperlukan oleh produk perangkat lunak serta karakteristik apa yang harus dimiliki oleh unsur produk
Fase desain.  Mendesain sistem dan mendokumentasikan sistem.  Dokumen desain menentukan cara pembuatan sistem software untuk memenuhi persyaratan tersebut.
Fase implementasi.  Menulis perangkat lunak.
Fase pengujian.  Mencoba perangkat lunak untuk mengetahui apakah telah memenuhi persyaratannya.
Fase perawatan.  Mengikuti penempatan produk perangkat lunak, membetulkan kesalahan, mengubah dan memperluas sistem.

3. Atribut kualitas Perangkat Lunak

* Benar.  Dokumentasi dikatakan benar bila secara tepat dan akurat dapat menjelaskan fungsi dan kelayakan program . Perangkat lunak dikatakan benar jika telah memenuhi persyaratan input dan outputnya.
* Efisien.  Perangkat lunak yang menunjukkan cara pemakaian sumber komputasi secara baik.
* Perawatan.  Menunjukkan betapa mudahnya dalam mekukan  perbaikan, perubahan dan perluasan.
* Portable.  Atribut ini menunjukkan bahwa perangkat lunak dapat dipindah tergantung jenis lingkungannya.
* Readable.  Atribut ini menunjukkan bahwa perangkat lunak mudah untuk dipahami produk kerjanya.
* Reliable (dapat dipercaya)
* Kuat
* Reusable (dapat dipakai berulang-ulang)
* Testable (Dapat diuji)
* Well documented (memiliki dokumentasi yang baik)

Pengertian Dan tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Kali ini saya akan share kembali mengenai materi perkuliahan. Berbeda dengan bahasan sebelumnya kali ini yang akan saya bahas dan dan share disini mengenai Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) / Software Engineering. Ingin tahu lebih lanjut mengenai apa itu Rekayasa Perangkat Lunak, Tujuan dan Keterkaitannya dengan disiplin ilmu yang lain, berikut ulasanya :
Pengertiaan dan Definisi 
Menurut Wikipedia : Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas. 

Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan dan Rekaya Perangkat Lunak ini adalah:
  1. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
  2. Menghasilkan pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
  3. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
  4. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
Kriteria Dalam Merekayasa Perangkat Lunak
  1. Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability)
  2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability)
  3. Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust).
  4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya.
  5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability).
Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak
  1. Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
  2. Software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
  3. Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
  4. Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
  5. Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
  6. Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
  7. Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
  8. Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu Lain
Cakupan ruang lingkup yang cukup luas, membuat RPL sangat terkait dengan disiplin dengan bidang ilmu lain. tidak saja sub bidang dalam disiplin ilmu komputer namun dengan beberapa disiplin ilmu lain diluar ilmu komputer.
Keterkaitan RPL dengan bidang ilmu lain
  • Bidang ilmu manajemen meliputi akuntansi, finansial, pemasaran, manajemen operasi, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber daya manusia, kebijakan, dan strategi bisnis. 
  • Bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier, kalkulus, peluang, statistik, analisis numerik, dan matematika diskrit.
  • Bidang ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang berkaitan dengan proyek, seperti ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja, kualitas, manajemen resiko dan keandalan, perbaikan kualitas, dan metode-metode kuantitatif.
Mungkin itu dulu yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda