BILA OTAK KANAN DAN OTAK KIRI SEIMBANG
A. KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT karena atas kehendaknnya dan karunianya saya dapat penyusun atau meringkas buku yang berjudul Bila Otak Kanan dan Otak kiri seimbang yang berisi tentang teori untuk menyeimbangkan otak. Dari pembahasan buku ini anda akan diperkenalkan dengan berbagai teori seputar keseimbangan otak anda termaksud keterkaitan aktivasi otak tengah dan keseimbangan otak kanan dan kiri pada anda. Saya pribadi mengucapkan banyak trimah kasih banyak kepada penemu dan pengarang buku ini semoga informasih buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
BAB 1
PENDAHULUAN
Manusia hidup dengan otaknya karena otak merupakan pusat dari segalanya, sedikit saja otak manusia mengalami gangguan manusia tidak bisa lagi hidup dengan normal. Dalam diri manusia, otak sangat identik dengan berpikir. Pikiran inilah yang akhirnya menentukan kualitas kehidupan manusia. Jika pemikiran tersebut berkualitas maka kehidupan manusia pun akan berkualitas. Sebaliknya, bila otak mengalami gangguan maka kehidupan manusia pun akan buruk.
Otak yang hanya digunakan sebelah saja memang dapat memberikan kekuatan positif, yang membuat pemiliknya menjadi jenius. Namun, akan lebih jenius lagi manakalah kedua belahan otaknya , kanan dan kiri, sama-sama dipergunakan. Mengaktifkan ataupun menyeimbangkan kedua belahan otak anak bukanlah persoalan yang mudah. Umumnya hanya otak kiri yang aktif secara maksimal, fakta ini semakin menguatkan ebuah pandangan bahwa untuk menyeimbangkan otak anak merupakan suatu hal yang sangat sulit. Meskipun demikian, melalui buku ini, penulis mencoba menawarkan berbagai teori mengenai cara menyeimbangkan otak anak. Beberapa teori yang ada dalam buku ini tidak dimaksudkan sebagai sesuatu yang mutlak karena tentu saja masih memerluhkan penelitian yang lebih jauh lagi.
oleh karena itu, bagi anda yang menginginkan anak anda memounyai otak yang sama-sama berkembang secara optimal, buku ini sudah bisa dijadikan sebagai panduan keluarga. Tidak ada jaminan 100% bahwa teori ini bernila efektif dalam praktiknya. Namun, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba menerapkan beberapa teori tersebut dalam upaya menyeimbangkan otak anak anda.
oleh karena itu, bagi anda yang menginginkan anak anda memounyai otak yang sama-sama berkembang secara optimal, buku ini sudah bisa dijadikan sebagai panduan keluarga. Tidak ada jaminan 100% bahwa teori ini bernila efektif dalam praktiknya. Namun, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba menerapkan beberapa teori tersebut dalam upaya menyeimbangkan otak anak anda.
BAB 2
SEKILAR WACANA TENTANG KESEIMBANGAN OTAK MANUSIA
Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Seorang professor bernama Robert Ornstein dari Universitas California pernah melakukan penelitian, yang hasilnya mempertegas perbedaan fungsi dari masing-masing belahan otak manusia. Sebenarnya, belahan otak kanan dan otak kiri mempunyai fungsi yang sama sekali berbeda. Jadi, antara belahan otak kanan dan kiri tidak hanya merupakan perbedaan posisi, tetapi juga nerpengaruh terhadap fungsi-fungsinya.
A. melirik kemampuan otak kiri dan kanan
Otak kiri berkaitan denga fungsi akademik yang terdiri atas kemampuan berbicara, mengolah tat bahasa, baca tulis, daya ingat(nama, waktu, dan peristiwa), logika, angka, analisis, dan lain-lain. Sementara itu, otak kanan sebagai tempat untuk mengembangkan hal-hal yang bersifat artistik, kreativitas, perasaan, emosi, gaya bahasa, irama music, imajinasi, khayalan, warna, pengenalan diri dan orang lain. Sebagian besar ahli mengatakan bahwa otak mkiri sebagai pengendali IQ(intelligence quotient) sedangkan otak kanan memegang pranan penting bagi perkembangan EQ(emotional quotient) seorang.
Sebelum membahas terlalu jauh, ada baiknya bila anda berkenalan terlebih dahulu dengan perbedaan fungsi antara kedua belahan otak manusia. Depoter mengungkapkan bahwa proses berpikir otak kiri bersifat logis, sekuensial, linear dan rasional. Berdasarkan realitas, otak kiri mampu melakukan penafsiran abstrak dan simbolis. Cara berpikir otak kiri cocok bagi tugas-tugas yang teratur, ekspresi verbal, menulis membaca, asosiasi audiotorial, menempatkan detail dan fakta, fonetik, serta simbolisme. Pada belahan otak kanan, cara berpikirnya bersifat acak, tidak teratur, intuitif, dan holistic. Cara berpikirnya sesuai dengan cara-cara untuk mengetahui sesuatu yang bersifat nonverbal, seperti perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenan denga perasaan(merasaka kehadiran suatu benda atau orang, kesadaran spasial, pengenalan bentuk dan pola, music, seni, kepekaan warna, kreativitas, serta visualisasi).Adapun daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek(short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam fungsi berbicara, berbahasa, dan matematika. Sedangkan daya ingat otak kanan bersifat jangka panjang(long term memory) jika terjadi kerusakan pada otak kanan, misalnya mengalami penyakit stroke, atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi.
Aktivitas kedua otak saling menyatu dan membangun. Sebagai contoh, ketika melihat beberapa pohon dengan daun-daun yang berguguran, tanah yang kering, dan cuaca yang teramat panas, kita akan menganalisis dan menggeneralisasikan semua hal tersebut dengan dengan belahan otak kanan. Setelah itu, belaha otak kirilah yang mengkomunikasikannya secara verbal. Misalnya, ketka kita berkata “dedaunan itu banyak berguguran, tanah yang disekitarnya kering, dan ternyata sekarang adalah musim kemarau.” Belahan otak kirilah yang bertanggung jawab terhadap pengolahan bahasa dan mengutarakan konsep-konsep yang ada dalam persepsi seseorang. Berdasarkan contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap aktivitas otak yang dilakukan oleh manusia selalu melibatkan dua fungsi otak, yaitu belahan otak kiri dan kanan. Otakmkiri berperan dalam aktivitas pemikiran dan persepsi, sedangkan otak kanan berfungsi memberikan gambaran secara visual.
B. Menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri
Sebagaimana yang telah dikemukakan, kedua belahan otak akan bekerja secara sinergis sehingga keduanya saling melengkapi. Makanya, kemampuan yang optimal hanya bisa diperoleh dari kerja otak yang seimbang. Pada dasarnya, tidak seimbangnya kemampuan kedua belahan otak manusia, dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan-ketimpangan dalam segala hal. Intinya, semua anak berpotensi menjadi ilmuwan dan seniman hebat apabila mereka mempunyai keseimbangan otak. Namun, jika salah satu belahan otak kurang berfungsi kerena mungkin kurang mendapkan pengembangan maka mereka akan gagal. Hal itu bukan karena mereka tidak memiliki kemampuan, melainkan lantaran belahan otak tersebut tidak diberi peluang untuk berkembang. Makanya, berikanlah waktu dan kesempatan kepada anak anda untuk melakukan hobi dan kegiatan yang disukainya sehingga ia dapat memanfaatkan kedua belahan otaknya secara seimbang guna menghasilkan kemampuan dan kreativitas yang lebih maksimal dalam keseimbangan otaknya.
BAB 3
PENTINGNYA KESEIMBANGAN OTAK BAGI ANAK ANDA
Masih banyak lagi pengaruh positif pada keseimbangan otak manusia. Namun, tampaknya yang demikian ini dapat dikerucutkan menjadi dua hal, yaitu kecerdasan dan kesuksesan dimasa depan. Kedua hal itulah yang mendasari bahwa menyeimbangkan otak anak sangat penting adanya.
A. meningkatkan kecerdasan
Kecerdasan merupakan istilah umum yang digunakan untuk menjelasakan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa dan belajar. Kecerdasan berkaitan erat dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seseorang. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut tes IQ.
Sebenaranya ada beberapa cara untuk mendefinisikan kecerdasan. Dalam beberapa kasus, kecerdasan bisa berupa kreativitas, kepribadian, watak, pengetahuan, maupun kebijaksanaan. Dalam praktik yang lebih luas, sebuah sumber menyebutkan bahwa kecerdasab secara umum dipahami pada dua tingkat. Pertama, kecerdasan sebagai suatu kemampuan dalam memahami informasih yang membentuk pengetahuan dan kesadaran. Kedua, kecerdasan sebagai kemampuan untuk memproses informasih, sehingga masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan(problem solved). Sejauh ini, diketahui bahwa kecerdasan manusia tidak tumbuh begitu saja, tetapi memiliki berbagai hal yang memepengaruhinya diantaranya ialah faktor biologis, lingkungan, budaya, bahasa dan etika. Sesungguhnya kecerdasan anak bisa dilihat dari pemahaman dan kesadarannya terhadap segala sesuatu yang dialaminya.
Oleh karena itu, Elien menekankan pentingnya pemahaman, karena pemahaman adalah kombinasi antara upaya memperbanyak masukan melalui pancaindra dan pengetahuan yang sudah dimiliki. Namun, kecerdasan yang dimaksud dalam konteks ini adalah kecerdasan secara umum yaitu kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.
1. Kecerdasan Intelektual(IQ)
Kecerdasan intelektual adalah kemampuan seseorang untuk mengelolah dan berpikir kognitif. Kecerdasan ini merupakan sebuah kecerdasan yang memberikan kemampuan untuk berhitung, beranalogi, berimajinasi, serta memiliki daya kreasi dan inovasi. Atau, yang lebih tepatnya yang diungkapkan oleh para pakar psikologis dengan istilah “what I think”.
Kecerdasan yang terukur dengan angka-angka sejak anda dibangku sekolah hingga kuliah ialah kecerdasan intelektual. Kecerdasan inilah yang merupakan kemampuan yang diolah pada otak sebelah kiri anda. Kecerdasan tersebut terletak diotak bagian cortex(kulit otak) kecerdasan ini ditemukan sekitar tahun 1912 oleh William Stern. Seseorang yang kecerdasan intelektualnya baik maka baginya tidak ada informasih yang sulit, serta semuanya dapat disimpan dan diolah.
Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa inteligensi adalah suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Otak adalah organ luar biasa dalam diri manusia. Beratnya hanya sekitar 1,5 kg atau kurang lebih 5% dari total berat badan, otak mengonsumsi lebih dari 30% seluruh cadangan kalori yang tersimpan didalam tubuh. Otak memiliki 10-15 triliun sel saraf dan masing-masing mempunyai ribuan sambungan. Kapasitas memori otak hanya digunakan sekitar 4-5%, dan orang jenius memakainya sekitar 5-6%. Sampai sekarang, para ilmuwan belum memahami penggunaan sisa memori sekitar 94%. Model kecerdasan IQ banyak diilustrasikan dengan komputer karena dapat beroperasi dengan cepat, dan hampir tanpa kesalahan.
2. Kecerdasan Emosional(EQ(
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk dapat mempengaruhi dan diterima oleh orang lain dengan baik. Kecerdasan emosional mencakup pengendalian diri, semangat dan ketekunan, kemampuan untuk bermotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stres tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, membaca perasaan terdalam orang lain(empati) dan berdoa, memelihara hubungan dengan sebaik-baiknya, kemampuan untuk menyelesaikan konflik, serta memimpin diri dan lingkungan disekitarnya.
Kecerdasan ini lebih dtepat diungkapkan dengan “what I feel” dan mulai tren pada akhir abad ke-20, kecerdasan ini berada pada otak belakang manusia. Ada lima unsur yang dapat membangun kecerdasan emosi. Pertama, memahami emosi-emosi pada diri-sendiri. Kedua, mampu mengelolah emosi-emosi pada diri-sendiri. Ketiga, memotivasi diri-sendiri. Keempat, bisa memahami emosi-emosi pada orang lain. Kelima, dapat membina hubungan sosial yang baik.
Hal-hal spesifik yang perluh dipahami dan dimiliki oleh orang-orang yang cerdas secara emosi:
a) Mengatasi stres
b) Mengendalikan dorongan hati
c) Mengelolah suasana hati
d) Memotivasi diri
e) Memahami orang lain
f) Meningkatkan kemampuan sosial
ada dasarnya jenis dan sifat emosi dapat dikelompokan menjadi delapan bagian diantaranya:
· Amarah, seperti beringas, mengamuk, benci, marah besar, jengkel, kesal hati, terganggu, berang, tersinggung, bermusuhan. Dan kebencian yang bersifat patologis.
· Kesedihan, seperti pedih, sedih, muram, suram, melankolis, mengasihani diri-sendiri, kesepian, ditolak, putus asa dan depresi berat.
· Rasa takut, seperti cemas, takut, gugup, khawatir, waswas, perasaan sangat takut, waspada, tidak tenang, ngeri, kecut, fobia dan panik
· kenikmatan, seperti bahagia, gembira, ringan, puas, ringan, senang, terhibur, bangga, kenikmatan indrawi, takjub, rasa terpesona, rasa puas, rasa terpenuhi, kegirangan luar biasa, dan batas ujungnya mania.
· Cinta, seperti penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, bakti, hormat, kasmaran, dan kasih.
· Terkejut, sperti terkesima, takjub, dan terpana.
· Jengkel, seperti hina, jijik, muak, mual, dan benci.
· Malu, seperti rasa salah, malu, kesal hati, sesal, aib, dan hati hancur lebur.
3. Kecerdasan Spiritual(SQ)
Pertama kali digagas oleh Danar Zohar dan Ian Marshall, yang berasal dari Harvard University dan Oxford University. Menurut mereka, kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berperan menghadapi persoalan makna atau value untuk mendapatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya. Kecerdasan spiritual terletak dalam suatu titik yang disebut dengan God Spot, dan mulai popular pada awal abad ke-21 yang kepopulerannya diamngkat oleh Danar Zohar dalam bukunya Spiritual Capital dan berbagai tulisan seperti The Binding Problem karya Wolf Singer. Menurut para pakar kecerdasan inilah sebagai penentu kesuksesan seseorang. Kecerdasan ini juga menjawab dan mengungkapkan tentang jati diri seseorang, yang biasa disebut dengan istilah “who I am” misalnya menjawab pertanyaan “siapa saya? Dan, untuk apa saya diciptakan?”.
Kecerdasan spiritual bertujuan menilai bahwa tindaka atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. Saat Ini, kalangan ilmuwan semakin sadar betapa pentingnya manusia kembali berpaling untuk memahami dirinya sendiri lebih mendalam. Sebab, hanya dengan mengandalkan kecerdasan intelektual manusia tidak akan sampai kemartabat yang ideal. Atas dasar inilah, Danar Zohar dan Ian Marshall menerbitkan satu buku yaitu SQ(spiritual Intelligence); The Ultimate Intelligence. Penjelasan dalam buku tersebut diawali dengan tinjauan secara kritis mengenai kelemahan-kelemahan dunia barat dalam kurun waktu terakhir ini karena mengabaikan faktor kecerdasan spiritual. Buku ini juga memberikan apresiasi yang sangat positif terhadap nilai-nilai humanisme ketimuran yang dianggapnya lebih konstruktif dari pada nilai-nilai humanisme yang hidup didunia barat.
B. Memberikan kesuksesan yang lebih besar
Semua orang pasti akan menyatakan pendapat yang sama jika ditanya tentang visi dam misi tentang masa depan. Mereka tentu ingin menjadi orang yang sukses dalam segala hal terutama dalam hal materi. Kesuksesan adalah derajat keberhasilan seseorang dalam pemenuhan subjektivitas terhadap kebutuhan hidupnya(material maupun spiritual, baik secara kuantitatif maupun kualitatif).
Sebenarnya kesuksesan yang besar lebih ditentukan oleh otak kanan. Sebab, otak kanan bisa membuat seseorang menjadi kreatif. Kreatif adalah kata sifat untuk menunjukkan sesuatu dari tidak ada menjadi ada, dari bahan menta menjadi bahan jadi, dari sesuatu yang tidak terbentuk menjadi sesuatu yang indah, bahkan dari sesuatu yang tidak terpikirkan orang menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. anda bisa mencermati contoh kreativitas pada Bill Grates yang berkreasi membuat program computer, dan Ford yang berkreasi membuat mobil. Abraham Lincoln, negarawan yang berkreasi menciptakan regulasi-regulasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi Negara. Tiger Wood berkreasi mencari cara untuk menghasilkan pukulan golf yang akurat. Steven Spielberg sutradara film yang berkreasi mengasilkan film-film box office.
Pada umumnya, kesuksesan tetaplah merujuk pada keberhasilan dalam materi. Daripada mengharapkan kesempurnaan dari orang lain, lebih baik anda mencerminkan pada keberhasilan yang dicapai oleh orang lain, dan berikanlah pengakuan yang posotif kepadanya. Percayalah bahwa anda adalah orang yang sukses dan berhak mendapatkan kesuksesan. Pikiran positif merupakan senjata ampuh. Bula anda percaya bahwa anda bisa, berarti anda akan mendapatkan”reward” dari pikiran anda.
C. Melejitkan kemampuan otak Tengah
Sudah menjadi rahasia umum bahwa sejak akhir tahun 2009 hingga awal 2010, ternyata diketahui bahwa otak tengah mempunyai fungsi yang tidakkalah dahsyat dibandingkan dengan kedua belahan otak lainnya. Otak tengah dapat memberikan kekuatan-kekuatan yang sungguh mencengangkan sehingga banyak orang beranggapan bahwa kemampuan yang diatraksikan oleh otak tengah sebagai suatu hipnotis atau sulap. Otak tengah berada diantara otak kiri dan kanan, otak tengah dianggap sebagai penetral hal-hal yang bersifat logis dan abstrak.
Didalam otak terdapat saraf-saraf tertentu. Para ahli dari berbagai Negara sedang mengembangkan teknik untuk mengaktifkan saraf pada otak tengah diantaranya dengan menggunakan gelombang suara menggunakan frekuensi tertentu. Saraf otak tengah yang telah diaktifkan dan jika bisa bekerja dengan baik maka seseorang dapat “melihat” sesuatu walaupun matanya dalam keadaan tertutup. Jika terjadi keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri maka otak tengah juga mendapatkan pengaruh positif dari keduanya. Dan disini otah tengah menjadi terdongkrak atau aktif sehinggah terjadi keseimbangan diantara ketiganya.
Sesungguhnya otak tengah hanya dapat diaktifkan sebelum seorang anak berusia 15 tahun, sebab sebelum usia tersebut usia anak merupakan “usia emas”. Jadi sentuhan-sentuhan yang diberikan kepadanya cukup berarti. Namun, setelah usia 15 tahun otak tidak bisa diaktifkan karena masa ini merupakan masa konflik. Masa-masa konflik ini membuat otak sulit menerima masukan dari luar karena kondisi neuron sudah tidak efektif lagi.
D. Memaksimalkan kreativitas
Tidak bisa dipungkiri bahwa keseimabngan yang terjadi antara otak kanan dan otak kiri juga memberikan dampak positif terhadap kreativitas anak, kemaksimalan sel-sel otak ini menumbuhkan kreativitas yang tinggi. Sebelum mengkaji perihal kreativitas lebih mendalam, ada baiknya bila kita mengetahui pengertian kreativitas yang sebenarnya. Kreativitas adalah bakat yang dimiliki oleh setiap orang yang dapat dikembangkan dengan pelatihan dan aplikasi yang tepat. Perbedaan pengertian kreativitas yang dikemukakan oleh banyak ahli sebagai berikut:
· Wikipedia bahasa Indonesia mendefinisikan kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.
· Lumsdaine, kreativitas adalah mempergunakan imajinasi dan berbagai kemungkinan yang diperoleh dari interaksi dengan ida atau gagasan, orang lain, dan lingkungan untuk membuat koneksi dan hasil yang baru serta bermakna.
· Mamat Supriatna, kretaivitas adalah kemampuan cipta, karsa, dan karya seseorang untuk dapat menciptakan sesuatu yang baru.
Hasil dari kreativitas tersebut biasanya sama sekali baru dan berbeda dengan konsepsi atau hal-hal yang sudah ada sehingga hasil kreativitas itu betul-betul memberikan bentuk dan makna yang baru. Menurut National Advisory Committes UK, kerativitas memiliki empat karateristik yaitu:
1) Pertama, berpikir dan bertindak secara imajinatif.
2) Kedua, seluruh aktivitas imajinatif itu memiliki tujuan yang jelas.
3) Ketiga, melalui proses tertentu yang dapat menghasilkan sesuatu yang orisinal.
4) Keempat, hasilnya harus dapat memberikan nilai tambah.
Berikut ini adalah cirri-ciri anak yang kreatif:
1) Kelancaran berpikir, yang bisa memberikan banyak jawaban terhadap suatu pertanyaan yang diberikan.
2) Fleksibilitas/keluesan/kelenturan dalam berpikir, yang mampu memberikan jawaban bervariasi, serta dapat melihat suatu masalah dalam berbagai sudut tinjauan, yang meliputi kelenturan dalam struktur kalimat dan kelenturan dalam isi atau gagasan.
3) Orisinalitas/keaslian dalam berpikir, yang dapat memberikan jawaban-jawaban yang jarang diberikan oleh anak lainnya. Jawaban anak anda adalah jawaban baru yang biasanya tidak lasim, atau kadang tak terfikirkan oleh orang lain.
4) Elaborasi, yakni kemampuan menggabungkan ataupun memberi gagasan-gagasan atas jawaban yang dikemukakan anak anda, sehingga ia mampu mengembangkan jawaban, serta memperkaya jawabannya dengan merinci sampai hal-hal kecil.
Pada dasarnya, kerativitas tidak hanya terdiri atas aspek kognitif(empat cirri utama anak kreatif) saja, tetapi juga mengandung adanya sikap-sikap kreatif berikut:
1) Rasa ingin tahu yang besar.
2) Tertarik terhadap tugas-tugas baru dan menganggapnya sebagai tantangan.
3) Senang bereksperimen.
4) Senang berpetualang.
5) Spontan
6) Percaya diri
7) Berani mengambil resiko untuk membuat kesalahan ataupun dikritik oleh orang lain
8) Tidak Judah putus asa.
9) Senang mencari pengalaman baru atau hal-hal yang menarik.
10) Berani dan yakin terhadap keputusan yang ditetapkannya sendiri
11) Tak mudah terpengaruh ataupun tergoyahkan keyakinannya oleh omongan orang lain
Ternyata ada tujuh hambatan yang menghalangi seseorang ingin menjadi kreatif. Pertama, rasa takut. Kedua, rasa puas. Ketiga, rutinitas tinggi. Keempat, kemalasan mental. Kelima, birokrasi. Keenam, terpaku pada masalah. Ketujuh, strereotyping.
Kreativitas bisa dihubungkan dengan apa pun, baik seni, bahasa, matematika, maupun lainnya. Kreativitas dapat dilihat dari segi kognitif(berpikir kreatif), afektif(sikap kreatif) dan psikomotorik(keterampilan, semisal maupun menggunakan kuas ataupun membentuk sesuatu). Kreativitas memang mengekspresikan kualitas solusi penyelesaian masalah. Kunci kreativitas adalah kemampuan menilai permasalahan dari berbagai sudut pandang sehingga menghadirkan solusi yang lebih baik.
Menurut Need herrmann, pada dasarnya jika anak melibatkan secara penuh pikiran yang dimilikinya, sehingga ia mampu membangkitkan ide dan kenyataan tentang sesuatu yang diinginkannya, berarti ia memfasilitasi berkembangnya kreativitas. Sebenarnya, saat itu ia mendayagunakan kekuatan pikirannya untuk membayangkan berbagai kemungkinan dalam mencapai sesuatu yang diinginkan dalam koridor norma-norma yang dapat ditoleransi. Artinya, seseorang yang kreatif mengetahui sesuatu yang diinginkan dan dapat menetapkan tujuan berperilaku.
BAB 4
Teknik Menyeimbangkan Otak Kanan dan Kiri
Menyeimbangkan kedua belahan otak kana dan kiri sangatlah penting untuk mencetak anak yang berkualitas dan jenius. Jika anak anda berjenis kelamin perempuan maka anda harus mengetahui bahwa pada umumnya otak sebelah kanan digunakan oleh anak perempuan. Dipihak lain, otak kiri lebih banyak difungsikan oleh anak laki-laki. Sering kali, anda menggunakan organ tubuh sebelah kanan ata kiri saja. Penggunaan organ tubuh sebelah kanan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan otak kiri terbebani. Hal ini dikarenakan sistem kerja otak dan tubuh anda menyilang. Anak akan menjadi miskin kreativitas bila ia lebih banyak dirangsang menggunakan belahan otak kirinya. Sebaliknya, jika fungsi belahan otak kanannya lebih dominan digunakan maka ia akan lambat dalam berpikir logis, linier, dan teratur, yang juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang memanfaatkan kedua belahan otak kanan dan kirinya secara seimbang akan sangat mudah belajar, makanya anda perluh melakukan beberapa upaya yang dapat menyeimbangkan (fungsi) belahan otak kiri dan kanan anda. Berbagai upaya yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut
A. Mendengarkan Musik Klasik
1. Rahasia Musik Klasik
Musik adalah suatu hal yang sangat dekat dengan manusia. Betapa tidak, diantara kita banyak yang menyukai musik karena musik dapat merefleksikan perasaan dan membuat kita menjadi senang, tentram dan nyaman. Memang telah diketahui dalam beberapa penelitian bahwa musik dapat menyembangkan fungsi otak kanan dan kiri. Sebenarnya, tidak hanya mendengarkan music yang membuat keseimbangan otak, memainkannya pun mempunyai manfaat yang sama.
Lebih dari itu music juga dapat membantu mengembangkan kemampuan anak dalam memahami konstruksi objek dua dan tiga dimensi. Music juga meningkatkan kreativitas anak. Menurut Muhamad Taufik, ibaratnya kaset, otak anak adalah sebuah kaset kosong. Jika kaset itu digunakan untuk merekam harmonisasi yang ada didalam music maka otak tersebut akan menyimpan harmoni itu, kemudian dijadikan sebagai stimulan bagi perkembangan sel-sel saraf. Jadi anak yang terbiasa mendengarkan atau bermain music memiliki daya imajinasi, serta daya kretivitas yanh tinggi.
Selain itu music juga dapat meluluhkan kekerasan. Anak yang nakal biasanya akan menjadi jinak setelah diajari menyanyi. Music pun bisa merangsang pikiran, memperbaiki konsentrasi dan ingatan serta membangun kecerdasan emosional.
Sayangnya pendidikan formal diindonesia kurang menenkankan keseimbangan antara aspek intelektual dan emosi, buktinya tawuran pelajar sering kali terjadi, dan siswa SD kerab terbebani oleh padatnya mata pelajaran, sehingga sekolah justru mengurangi keceriaan masa kecil anak.
Walaupun demikian, yang anda perluh ketahui bahwa tidak semua jenis music dapat menyeimbangkan otak anak. Music klasiklah yang mempunyai manfaat demikian. Music kalsik merupakan istilah luas yang biasanya memacu pada music yang dibuat atau berakar dari tradisi kesenian barat, music kristiani, dan music orchestra yang mencangkup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.sebuah sumber menjelaskan bahwa music era klasik terletak dari tahun 1750 hingga tahun 1820. Era music kalsik terletak diantara era baroque dan era romantic. Banyak sekali komposer terhebat yang pernah ada didunia music pada era klasik. Misalnya, Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig van Beethoven, Luigi Boccherini, Muzio Clementi, Carl Phillipp Emanuel Bach, Johann Ladislaus Dussek, dan Cristoph Willibald Gluck. Karateristik music pada era klasik adalah homophonic yang melodinya diatas iringan chord. Music pada era ini juga terkenal sangat indah dan elegan. Bila dibandingkan dengan music era baroque, music era klasik lebih ringan, lebih mudah, dan tidak membingungkan serta mempunyai tekstur yang lebih jelas, melodi yang dimainka pada era ini biasanya lebih pendek, piano pun dimainkan dengan albarti bass. Hal terbaik dari music kalsi adalah music ini menjadi elemen dasar dari semua music pada era selanjutnya. Bahkan ada sebuah ungkapan bahwa music kalsik tidak akan pernah mati. Jatuhnya era music klasik ditandai dengan jatuhnya generasi Vienna yang mulai ditinggalkan oleh komposer ternama pada masa itu.
2. Manfaat-manfaat Musik Klasik lainnya
Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari msuik kalsik:
a. music klasik membuat tindak perampokan menurun hingga 33%
pada tahun 2004, di London, Inggris, polisi transportasi ingris memutar music klasik di stasiun London dan beberapa daerah pemukiman paling berbahaya. Setelah memperdengarkan music klasik selama enam bulan, terjadilah bebrapa hal berikut:
1) Perampokan menurun sebesar 33%
2) Penyerangan staf menurun sebesar 25%
3) Vandalisme turun 37%
Pada tahun 2001, polisi di West Palm Beach, Florida memasang CD player dan speaker pada sebuah bangunan dalam lingkungan yang penuh dengan kejahatan. Setelah memainkan music klasik, terutama Mozart, Bach, dan Beethoven, 24 jam sehari selama sekitar tiga bulan, ternyata penembakan, pencurian, gelandangan dan transaksi obat menurun.
b. Musik klasik membuat pengacau bubar
sebuah jaringan supermarket diingris juga menggunakan music klsik untuk menghentikan kelompok pemuda yang berkumpul diluar supermarket.
c. music klasik dapat menenangkan bayi yang lahir prematur
sewaktu mendengar music klasik, anda dapat mengamati ekspresi wajah bayi yang tidak lagi terlihat menderita, serta detak jantungnya pun berjalan normal. Imu pengetahuan barat meneliti hubungan aneka music dengan factor kesehatan, mereka sudah mendapat bahwa music klasik adalah obat mujarab bagi penyembuhan badan dan kepedihan jiwa, serta dapat meningkatkan kebijakan jiwa. Terapi music sejak 40 tahun lebih ini dipergunakan diberbagai lingkup pengobatan klinis.
d. music kalsik mempercepat pertumbuhan janin
hasil penelitian menerangkan bahwa jabang bayi yang diperdengarkan msuik dari Mozart dan Bach akan mempunyai volume otak yang semakin besar, hal tersebut juga akan menambah kegiatan utama urat saraf, serta membantu daya berimajinasi abstrak dari pertumbuhan normal anak. Sebuah hasil penelitian juga menunjukkan bahwa melakukan rangsangan suara secara berkala terhadap janin, misalnya music klasik yang ringan dan lembut, serta bisikan orang tua secara perlahan kepada janin, bisa mengembangkan saraf perasa janin dan pertumbuhan lapisan kulit otak besar, serta meletakkan fondasi bagi pengembangkan kebijaksaan janin kelak.
e. music klasik bisa meningkatkan produksi susu sapi
seorang psikiater di Universitas Inggris menemukan bahwa memperdengarkan music klasik ringan kepada sapi perah dapat membantu meningkatkan produksi susu. Ia mengatakann bahwa music yang nyaman dan ringan tersebut bisa meningkatkan produk susu lantaran music itu mampu mengurangi stres pada sapi perah.
f. music klasik mempercepat pertumbuhan tanaman
suatu kali pernah dilakukan eksperimen seperti ini, beberpa factor yang mungkin bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman, misalnya temperatur, kelembapan, pencahayaan dan lain-lain. Ditempatkan dalam lima buah kamar yang diatur sesuai dengan kondisi yang sama. Kemudian, disetiap kamar ditempatkan tanaman yang mengandung kadar air dan tingkat kesuburan tanah yang sama. Satu-satunya yang berbeda ialah didalam lima kamar tersebut diputar music yang berbeda dan kamar terkahir sama sekali tidak diperdengarkan music. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman didalam kamar bermusik klasik sangatlah baik.
g. music klasik bisa meningkatkan penjualan makanan dan minuman
suatu penelitian disebuah Universitas di inggris menunjukkan bahwa music dapat mempengaruhi kegemaran orang terhadap makanan, jika di ruang makan diputarkan music kalsik maka pelanggan bisa membeli lbih banyak. Sebaliknya, bila diputarkan music pop atau tanpa music maka konsumsi pelanggan jelas berkurang.
B. Senam Otak(Brain Gym)
Pada umumnya, orang yang menggunakan tangan kanan sebenarnya ia mengaktifkan fungsi belahan otak kiri(berhubunagn dengan bahasa), yang akan dibarengi oleh aktivitas tubuh bagian kanan , ketika belahan otak kanan berfungsi(berhubungan dengan gambar atau tugas-tugas yang berhubungan dengan ruang), maka akan dibarengi oleh aktivitas tubuh bagian kiri.
Senam otak adalah latihan yang terangkai atas gerakan-gerakan tubuh yang dinamis dan menyilang. Pada awalnya, senam otak sudah dikenal sejak tahun 1980-an, tetapi saat itu masih terbatas bagi orang dewasa saja. Namun, sejak tahun 2000-an lebih dikembangkan untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak yang bersekolah ataupun bayi. Untuk pertama kalinya, senam otak dikembangkan oleh Dr. Dennison dan istrinya setelah melewati masa riset selam hampir 19 tahun. Pada waktu itu, diketahui bahwa terdapat keterkaitan antara perkembangan tubuh, bahasa, dan prestasi akademik. Kemudian, mereka mengembangkan serangkaian gerakan yang dinamakan brain gym, dan akhirnya berhasil mengubah kesulitan belajar menjadi sebuah keberhasilan yang luar biasa.
Senam otak bisa juga dilakukan oleh ibu hamil dan bayi. Senam otak akan memfasilitaskan agar beban otak kanan dan kiri seimbang. Sebab, senam otak dapat mengaktifkan motorik, seperti kemampuan menggunakan tangan kiri dan kanan, serta kaki kiri dan kanan. Contohnya menyusun balok, puzzle, berhitung, mengelompokkan benda, serta berhitung. Sebuah referensi menjelaskan bahwa senam otak memang bertujuan mengaktifkan potensi belahan otak(hemisfer) kanan dan kiri, sehingga akhirnya terjadi integrasi atau kerja sama diantara keduanya.
Secara garis besar, hemisferkiri digunakan untuk berpikir logis dan rasional, menganalisis, bicara, serta berorientasi pada waktu dan dan hal-hal yang terinci. Sementara itu, hemisfer kanan digunakan untuk hal-hal yang intuitif, merasakan sesuatu, bermusik, menari, seni yang kreatif, dan lain sebagainya. Selain itu, hemisfer kiri akan mengatur badan, mata, dan telinga kanan, sedangkan hemisfer kanan akan mengontrol badan, mata, dan telinga kiri.
1, manfaat lain dari senam otak
Berikut ini manfaat senam otak:
a) Terhindar dari rasa stress
b) Merasa lebih awet muda
c) Dapat menyikapi permasalahan denagn lebih tenang
d) Bugar, sehat dan fit
e) Menundah kedantangan menopause
f) Sarana untuk mencegah dan memudahkan penyembuhan terhadap penyakit
Gerakan senam otak dapat dilakukan sebagai berikut:
a) Minum air putih secukupnya
b) Melakukan pernapasan perut(menghirup udara dan mengeluarkannya kembali sebanyak 4-8 kali)
c) Melihat kekanan dan kekiri selama 4-8 kali dengan melalkukan pernapasan perut
d) Bersantai selama 4-8 kali saat melakukan pernapasan perut
e) Meletakkan kaki secara rata diatas lantai. Ujung-ujung jari tangan dan kaki saling bersentuhan selama 4-8 kali saat melakukan pernapasan perut
f) Merentangkan kedua tangan seluas mungkin dan senyaman mungkin.
g) Menyentuh titik-titik dibagian kepala bagian kiri dan kanan selama 4-8 kali
h) Menyilangkan kaki secara bergantian sebanyak 10-25 kali.
2. Tiga dimensi senam otak
Sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Paul Dennison, otak terbagi ,menjadi tiga fungsi utama yaitu.
a. dimensi lateral
Dimensi lateral koordinasi antara hemisfer kanan dan kiri yang berguna untuk membangun atau mengemnbangkan komunikasi dengan lebih efektif.
Bila kerja sama antara otak kiri dan kanan kurang baik maka akan sulit membedakan antara kiri dan kanan, gerakannya kaku, tulisan tangannya jelek, cenderung menulis huruf terbalik, sulit membaca dan menulis, mengikuti sesuatu dengan mata, sulit menggerakan mata tanpa mengikutinya dengan gerakan kepala, tangan miring kedalam ketika menulis, cenderung melihat kebawah sambil berpikir, keliru membedakan huruf-huruf(seperti d dan b, p, dan q) serta menyebut kata sambil menulis.
Beberapa gerakan dalam dimensi ini adalah 8 tidur, gajah, dan sebagainya, manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini adalah mengaktifkan kerja sama kedua belahan otak, meningkatkan kemampuan penglihatan, membedakan dan menghafal symbol, serta menghilangkan kekeliruan dalam membedakan huruf. Posisi gajah, kegitan tersebut berguna mengaktifkan telinga bagian dalam yang berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh, mengkoordinasikan otak untuk mengaktifkan kediua telinga dan mata, maka mengundurkan otot tengkuk, serta meningkatkan daya ingat dan koordinasi tubuh bagian atas dan bawah.
b. Dimensi pemusatan
pemusatan adalah kemampuan untuk menyeberang garis pemoisah antara tubuh bagian bawah dan atas. Ciri khas yang tampak jika otak bagian atas dan bawah kurang bekerja sama adalah bila bagian atas terhambat. Misalnya, anak bicara dan bertindak pelan, kurang fleksibel, sulit melompat, kurang berkonsentrasi, kurang terorganisasi, penakut, kurang percaya diri, ragu-ragu, serta sulit menjalin hubungan sosial, terutama disekolah. Bila bagian bawah yang menghambat maka menyebabkan cepat hilang keseimbangan, mengabaikan perasaan atau menilainya negative, bicara dan bertindak terlalu cepat.
c. Dimensi pemfokusan
pemfokusan adalah kemampuan untuk menyeberang “garis tengah keterlibatan” yang memisahkan otak bagian belakang dan depan. Informasih akan diterima oleh otak bagian belakang yang merekam semua pengalaman, lalu informasi diproses kebagian depan untuk mengekspresikannya sesuai dengan tuntutan dan keinginannya.
Ciri khas yang tampak jika otak bagian depan dan kurang bekerja sama adalah otot tengkuk dan bahu tegang, kurang bersemangat dalam belajar, serta reaksi pelan. Adapun hambatan otak bagian belakang berupa anak terlalu aktif, konsentrasi dan analisis anak adalam rentang yang terlalu pendek, terlalu terinci, kurang fleksibel, kadang-kadang agresif, kurang rileks, ataupun kurang istirahat untuk memikirkan sesuatu yang lebih luas.
Hambatan otak bagian depan berupa anak pasif, melamun, bila stres bingung, kurang aktif, serta kemampuan untuk memperhatikan tidaklah baik. Contoh gerakan dalam dimensi ini adalah gerakan burung hantu, manfaatnya dalah mengkoordinasikan pendengaran, penglihatan, dan gerakan tubuh, serta meningkatkan konsentrasi dan lain sebagainya.
3. Gerakan Brain Games dan manfaatnya
a. gerakan sakelar otak
sekelar otak(jaringan lunak dibawah tulang selangka dikiri dan kanan tulang dada) dipijit selama 20-30 detik dengan satu tangan. Kegunaannya adalah mengoptimalkan keterampilan motorik halus, memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stress visual, serta relaksasi tengkuk dan bahu.
b. Gerakan silang
gerakan ini mengaktifkan gerakan mata dari kiri ke kanan, serta meningkatkan harmonisasi penglihatan. Kegunaannya adalah mengoptimalkan pekerjaan menulis, mendengar, membaca, dan memahami, serta memperbaiki pernapasan, pendengaran, dan penglihatan.
c. Tombol Bumi
ujung salah satu tangan menyentuh bawah bibir, sedangkan ujung jari lainnya dipinggir atas tulang kemaluan. Kegunaannya adalah mengurangi kelelahan mental(stress) serta mengoptimalkan jenis pekerjaan.
d. Tombol imbang
kegunaannya adalah mengertim konsep yang tersirat, mengkritisi, mengurangi mabuk perjalanan dan tekanan ditelinga karena perubahan ketinggian, mengoptimalkan pekerjaan menulis laporan, serta saat memakai telepon atau computer.
e. kait rileks
kegunaannya adalah mendengar aktif, berbicara lugas, menghadapi tes, bekerja dengan papan ketik, serta pengendalian diri dan keseimbangan.
C. Belajar dengan baik
1. misteri dibalik belajar anak
Belajar merupakan perubahan yang relative permanen dalam perilaku, atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Stimulus adalah apa pun yang diberikan oleh guru kepada pelajar, sedangkan respons berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Perubahan akibat belajar tidak harus langsung mengikuti pengalaman belajar. Perubahan yang segera terjadi umumnya tidak dalam bentuk perilaku, tetapi hanya dalam potensi seseorang untuk berperilaku. Terjadinya perubahan karena adanya suatu pengalaman atau latihan.
2. contoh belajar yang dapat menyeimbangkan otak anak
a) Belajar membaca
b) Memanfaatkan imajinasi ketika membaca
c) Teknik membaca ka-ki Quantum Learning
d) Membaca dengan menggunakan peta pikiran Toni Buzan
D.Permainan
Tidak bisa dipungkiri bahwa masa kanak-kanak adalah masa bermain. Permainan bagi anak adalah suatu aktivitas yang sangat disukai, dan itu memberikan dukungan yang sangat baik dalam memahami pelajaran. Malalui permainan, anak akan mengalami rasa bahagia. Melalui permainan, anak akan mengalami rasa bahagia. Melalui perasaan sukacita saraf/ neuron diotak anak saling berkoneksi secara cepat guna membentuk suatu memori baru.
Dengan bermain anak akan mengasah kekuatan dan keterampilan fisiknya seperti mengembangkan kepekaan penginderaan, menguasai keterampilan motorik kasar dan halus. Serta menyalurkan enerhi fisik yang terpendam. Dengan bermain, anak juga akan bertumbuh menjadi orang dewasa yang utuh, sehat jiwa, dan bahagia. Tanpa unsur bermain yang menyenangkan dan bergerak, ia akan tumbuh menjadi orang dewasa yang kurang tegas, stress, dan neorik. Sementara itu pada level ekstrem ketegangan dan stress bisa memicu gangguan-gangguan termasuk gangguan jiwa.
Terkait dengan itu, perluh diketaui bahwa permainan didalam computer juga mengandung dampak positif. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain game mengurangi stress, mengembalikan mood para pemainnya serta menyeimbangkan aktivitas otak kiri dan kanan pada lapisan otak luar bagian depan. Kondisi tersebut tentu berkebalikan dengan hal-hal yang anda dengar sebelumnya mengenai resiko bermain game dalam computer, mulai dari kelelahan mata hingga kecanduan, namun, ada bukti yang berkembang bahwa jenis game yang tepat justru dapat menguntungkan pikiran maupun tubuh. Hasil studi yang membandingkan antara seorang penggila video game denagn orang yang tidak suka bermain game menunjukkan bahwa pemain game memiliki visi yang lebih tajam dan kemampuan untuk mengubah tugas-tugas mental yang lebih cepat.
Sebagai catatan diakhir pembahasan tentang kedua belahan otak ialah anda harus memunculkan keadaan yang rileks. Kondisi rileks akan membuat hubungan antara kedua belahan otak menjadi cepat berlangsung. Saat logika proses mengalami kemandekatan, maka relaksasi dari sebuah kerja yang serius pun diperluhkan.
BAB 5
Tingkatkan Keseimbangan otak anak anda dengan aktivasi otak tengah
Keseimbangan otak kanan dan kiri bisa melejitkan kemampuan otak tengah. Sebaliknya, otak tengah yang berkembang denagn optimal akan meningkatkan keseimbangan dan perkembangan kedua belahan otak kanan dan kiri. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa sistem dalam tubuh memang bekerja secara sistematis, yang menerangkan bahwa kerja antarsistem saling mempengaruhi.
Menurut Tan Shot Yen, pembahasan yang terpisah terhadap sistem organ tubuh telah menyebabkan manusia menjadi objek dari praktik-praktik bahan kimia dalam suatu pengobatan, yang sebenarnya sangat berbahaya bagi organ tubuh lainnya. Apalagi hal ini merupakan tindakan pengobatan yang tidak bisa memberikan kesembuhan kepadanya, kecuali penderitaan yang berkepanjangan.
A. Fenomena aktivitas otak tengah
Training aktivitas otak tengah adalah sebagai usaha untuk mengaktifkan otak tengah yang dikhususkan pada anak-anak diatas usia 5 tahun dan dibawah 15 tahun. Pada faktanya, aktivasi otak tengah memberikan manfaat yang luar biasa bagi kecerdasan anak. Sehingga, banyak orang merasa ingin tahu dan gelisah terhadap fenomena yang sangat menarik tersebut. Aktivitas otak tengah ini diadakan oleh GMC, dan ini semakin memperkuat dan memperjaya eksistensi GMC diindonesia sehingga perwakilan GMC dapat dibangun dihampir setiap kota diindonesia.
1. aktivasi otak tengah sebagai penemuan baru, benarkah?
Menurut sebagian orang, aktivasi otak tengah adalah suatu penemuan baru yang sangat fenomena dalam pendidikan anak. Sebab, sejauh ini para pakar hanya mengenal otak manusia dalam dua bagian yaitu otak kanan dan kiri yang berfungsi dan bertanggung jawab terhadap kecerdasan manusia.
Sebenarnya teori penggunaan otak tengah telah banyak dilakukan dinegara-negara asia, terutama jepang. Penemuan jepang tentang aktivasi otak tengah tersebut hanya dikhususkan bagi kalangan terbatas sehingga fenomena aktivasi otak tengah semakin tenggelam, sedangkan dinegara-negara lainnya terus sibuk melakukan penelitian dengan hasil yang selalu nihil.
Berkat Malaysia, kita dapat mengenal aktivasi otak tengah, meskipun sudah tertinggal jauh darinya kira-kira 6 tahunan yang lalu Malaysia telah menemukan dan mempraktikannya sedangkan Indonesia mempraktikannya pada tahun 2009. Sebenarnya fenomena otak tengah bukanlah suatu hal yang baru, jauh sebelum barat atau mungkin jepang mengenalnya masyarakat timur sudah mengenalnya terlebih dahulu. Hanya saja, sewaktu itu fenomena otak tengah yang terdapat dimasyarakat timur tidak dipublikasikan karena belum bisa diuraikan secara ilmiah.
Anda pernah mengetahui berbagai kisah orang-orang zaman dahulu yang sudah dapat memprediksi nasib mereka, selain itu diantara mereka ada juga yang mempunyai keahlian-keahlian lainnya seperti bisa mematahkan tiang dan merobohkan tembok dengan tatapan muka, menggunting gambar buah pada kertas dengan mata tertutup, atau kemampuan-kemampuan lainnya yang bersumber dari otak tengah.
Penemuan aktivasi otak tengah sudah lama ada didunia timur, bahkan telah ada sejak ratusan tahun silam. Makanya, sesuatu yang ditemukan dan sedang dikembangkan oleh jepang an Malaysia hanyalah pengembangan dari keilmuan yang sudah ada pada masa lampau. Pada masa lampau, dalam tradisi dunia timur otak tengah bisa diaktifkan dengan cara perkembangan, sedangkan GMC memakai alat teknologi.
Dengan melihat fakta dari dua proses yang berbeda ini,sudah jelas bahwa cara aktivasi dan fenomenanya lebih unggul GMC. Otak tengah yang aktif baik secara alamiah maupun aktivasi menyebabkan pemiliknya mempunyai kemampuan-kemampuan yang mirip dengan kekuatan supranatural ataupun hipnotis. Namun, perluh diketahui bahwa hal itu sama sekali bukanlah suatu hipnotis maupun kekuatan-kekuatan magis dan lain sejenisnya tetapi bisa dibuktikan dan diuraikan secara ilmiah.
Oleh karena itu, setelah diaktivasi anak-anak yang bisa berjalan dengan mata tertutup(blind fold) maupun yang mampu memprediksi masa depan bukanlah anak-anak yang mempunyai keramah. Kenyataannya mereka sama saja dengan anak-anak yang lain. Namun, karena semua saraf otak mereka berfungsi secara maksimal , dengan adanya proses aktivasi kekuatan otak tengah menjadi ”hidup” dan berfungsi secara optimal.
2. Otak yang diaktivasi memancarkan gelombang otak mirip radar
Bukan hanya saraf-saraf otak secara tunggal yang bekerja secara menakjubkan. Kulit pun akan menjadi peka sehingga mengetahui pola dan warna bola beserta angka melalui indra peraba atau dengan penglihatan kulit(skin vision).
Pada tingkatan yang lebih jauh seorang anak diharapkan dapat melihat dengan tembus pandang terhadap benda-benda yang ada dibalik tembok atau didalam kotak. Bahkan ia mampu membaca berbagai hal semacam buku atau dokumen-dokumen dalam keadaan mata tertutup. Kenapa hal demikian bisa terjadi? Ini dikarenakan pada otak tengah anak yang telah diaktivasi dapat memancarkan gelombang otak yang mirip radar. Pada dasarnya, gelombang tersebut terletak dibawah hidung. Gelombang ini hanya mampu mendeteksi benda yang terletak sedikit dibawah hidung.
Berikut ini adalah empat jenis gelombang otak yang da didalam tengkorak kepala manusia:
a. Beta (14-30 Hz)
Beta (14-30 Hz) berkaitan dengan konsentrasi, gairah, kewaspadaan, dan tingkat kognisi yang lebih tinggi, yang berhubungan dengan kecemasan, kegelisahan, perasaan, dan emosi marah.
b. Alpha (8-13,9 Hz)
Alpha (8-13,9 Hz) berhubungan dengan relaxation, super, fokus rilexs, transringan, peningkatan produksi serotonin, mengantuk, meditasi, serta awal mengakses pikiran bawah sadar.
c. Theta (4-7,9 Hz)
Theta (4-7,9 Hz) berhubungan dengan peningkatan produksi katekolamin(penting bagi pembelajaran dan ingatan), meningkatan kreativitas, pengalaman emosional, potensi perubahan perilaku, serta meningkatkan referensi bahan belajar, meditasi mendalam, akses pikiran bawah sadar(trance)
d. Delta (0,1-3,9 Hz)
Delta (0,1-3,9 Hz) berhubungan dengan pertumbuhan hormon manusia, kehilangan kesadaran tubuh, serta akses kealam bawah sadar dan “kolektif bawah sadar” pikiran(mimpi)
Aktivasi otak tengah menggunakan komputer yang secara langsung disalurkan dengan gelombang otak. Dan gelombang otak yang banyak dipergunakan adalah gelombang otak alpha. Gelombang otak alpha dibuktikan secara ilmiah adalah gelombang otak yang muncul dominan saat kita bangun tidur, dalam keadaan rileks ditoilet atau bahkan sedang berendam dalam air panas di bathbut. Makanya, tidaklah heran bila Archimedes berhasil menemukan hukum Archimedes saat ia mandi. Berdasarkan penelitian ilmiah, otak tengah pada manusia memang mampu memancarkan dan menangkap gelombang. Anda tentu mengetahui anjing pelajak, bukan? Seperti itulah ilustrasi dari manusia yang otak tengahnya aktif.
B. Aktivasi Otak Tengah Dengan Meningkatkan Keseimbangan Otak kanan dan kiri
Otak tengah adalah jembatan yang menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan. Ketika otak tengah diaktifkan, anak akan memiliki akses yang mudah baik otak kiri maupun kanan. Dengan akses yang mudah ini, anak akan belajar membaca dan menghafal benda-benda dalam kecepatan yang lebih tinggi. Dengan demikian itu akan meningktkan keyakinan, minat, dan konsentrasi anak dalam belajar.
Selain itu, pada umumnya setelah otak tengah(midbrain) diaktifkan, daya ingat anak semakin meningkat, daya konsentrasi membaik, daya kreasi bertambah, gerakan kinetic meningkat, hormon seimbang, serta emosi menjadi stabil. Aktivasi ini sangat jelas terlihat hasilnya bagi anak hiperaktif maupun anak dengan daya ingat yang lemah. Dan terbukti sejak diadakannya training aktivasi otak tengah ribuan anak menjadi jenius.
C. Beberapa Manfaat Lain dari Aktivasi Otak Tengah
Beberapa manfaat tersebut dirumuskan oleh Hartono Sangkanparan sebagai berikut:
1. Meningkatkan kemampuan mengasihi orang lain
Salah satu fungsi otak tengah adalah mengatur hormon, dan area yang mendapatkan pengaruh cukup besar adalah emosi. Seseorang yang otak tengahnya telah diaktifkan mempunyai keseimbangan emosi yang sangat baik dan mampu mengontrol emosinya dengan lebih baik.
2. Meningkatkan daya ingat
Meningkatkan daya ingat dapat membuat seseorang mampu belajar banyak dalam tempo yang lebih singkat. Jika ia belajar dalam waktu yang sama bersama orang lain maka ia akan memperoleh lebih banyak hasil belajar. Peningkatan daya ingat ini berhubungan langsung dengan semakin meluasnya jaringan pada sel otaknya.
3. Meningkatkan kemampuan inovasi dan kreativitas
Inovatif adalah mampu menemukan dan menciptakan hal-hal baru. Kemampuan inovatif dan kreativitas yang tinggi dapat dipergunakan untuk menghasilkan produk/sesuatu yang baru dan mencari alternatif pemecahan masalah yang baru.
4. Meningkatkan konsentrasi
Meningkatkan konsentrasi bisa meningkatkan daya tangkap seseorang. Setelah otak tengahnya teraktivasi, ia mampu memahami hal-hal yang rumit dengan lebih baik dan lebih mudah mengerti atau memahami sesuatu.
5. Meningkatkan kemampuan fisik dalam berolahraga
Otak tengah adalah bagian otak yang mengatur gerakan tubuh. Banyak anak merasakan peningkatan dalam pengontrolan gerakan tubuh setelah otak tengah mereka diaktivasi, terutama ketikan berolahraga yang membutuhkan ketelitian tinggi. Manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh mereka yang senang berolahraga, tetapi juga oleh mereka yang senang dengan tarian dan gerakan tubuh lainnya. Gerakan yang banyak membutuhkan koordinasi mata dengan bagian tubuh yang lain akan banyak sekali ditingkatkan dengan aktifnya otak tengah mereka.
6. Meningkatkan keseimbangan hormon
Otak tengah yang telah aktif membuat hormon-hormon ini menjadi seimbang dan berfungsi secara harmonis. Dan, itulah yang membuat seseorang bisa menjadi lebih sehat dengan otak tengah yang aktif.
7. Meningkatkan daya intuisi
Intuisi adalah kemampuan untuk mendapatkan pengetahuan tanpa masukan atau menggunakan alasan apapun. Otak kananlah yang sering kali dianggap sebagi bagian otak yang bertanggung jawab atas munculnya intuisi dikepala kita. Terkait itu, otak tengah dapat menggabungkan kemampuan logis otak kiri dan kemampuan intuisi otak kanan menjadi suatu intuisi yang sangat tepat.
8. Meminimalkan masalah mental
Setelah otak tengah teraktivasi, masalah mental dapat diminimalkan. Oleh sebab itu, seorang anak yang hiperaktif dapat duduk dengan tenang, serta anak yang terlalu diam menjadi lebih aktif, karena mereka telah memiliki otak tengah yang dominan. Sebenarnya, hanya orang yang dominan otak tengahnya sajalah yang dapat mengontrol otak kanan dan kiri sekaligus.
Pada umumnya, masyrakat Indonesia disominasi oleh otak kiri makanya mereka penuh perhitungan dan sering kali muncul rasa iri hati atau penuh kebencian. Jika otak kanan menjadi dominan maka kita akan penuh rasa kasih dan mengandalkan perasaan. Kondisi tersebut dimungkinkan dengan adanya otak tengah yang membuat kedua otak berfungsi dengan baik dan benar.
BAB 6
PENUTUP
Otak manusia adalah bagian dari organ manusia yang paling unik dan kompleks sehingga ia sangat sensitif alias peka, baik terhadap berbagai gangguan maupun situasi dan kondisi yang memengaruhi disekitarnya.
Otak manusia memang canggih, namun akan jauh lebih canggih jika kedua belahan otak digunakan secara seimbang. Oleh karena itu, buku ini memuat beberapa teori dalam upaya menyeimbangkan otak anak anda.
Anak yang mempunyai otak seimbang akan menjadi manusia super diantara orang-orang yang hidup pada zamannya. Bahkan namanya akan dikenang dalam kurun waktu yang cukup lama karena keberhasilannya tetap bermanfaat bagi zaman-zaman berikutnya. Sebagai contoh, Einsten, seseorang yang terkenal berkat keberhasilannya dalam bidang fisika. Keseimbangan otak pada anak memnag peruh dan sangat dibutuhkan, karena hal tersebut akan memberikan dampak yang sangat positif baik terhadap intelektualitasnya maupun jaminan masa depannya.
Makanya, menyeimbangkan otak anak anda merupakan sesuatu yang sangat penting. Dan, anda bisa melakukannya dengan panduan buku ini.
0 komentar:
Posting Komentar